Selasa, 02 November 2010

Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi

          Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian maju serta tata kehidupan masyarakat yang serba kompetitif mengharuskan adanya upaya yang maksimal untuk mampu menyesuaikan diri. Kemampuan menyesuaikan diri bisa dilakukan dengan baik apabila didukung oleh pengetahuan dan keterampilan yang tinggi. Dalam kerangka inilah peranan guru di tengah-tengah dunia pendidikan menjadi sangat penting. 
        Guru sebagai pendidik dapat berfungsi sebagai Agent of Culture, juga berfungsi selaku Agent of change. Dengan demikian guru mempunyai tugas guna melestarikan serta mentranformasikan nilai-nilai kultural kepada generasi muda, serta memberikan perubahan terhadap nilai-nilai kebudayaan ke arah yang lebih baik dan berkualitas. Keberhasilan siswa dalam mempelajari suatu materi pembelajaran (subject matter) terletak pada kemampuan mereka (pebelajar) mengelola belajar (management of learning), kondisi belajar (condition of learning), dan membangun struktur kognitifnya pada bangunan pengetahuan awal (prior knowledge), serta mempresentasikannya secara benar. 
        Pengelolaan kegiatan pembelajaran dan kondisi belajar seseorang mempengaruhi proses terbentuknya pengetahuan di dalam struktur kognitif peserta didik. Kondisi belajar berkaitan dengan materi topik yang dipelajari (content), dan pengelolaan belajar berhubungan dengan membangun pengetahuan. Dewasa ini pengkajian dan pengembangan model serta implementasi pendekatan pembelajaran telah banyak dilakukan. Hal ini bertujuan guna mengungkapkan indikator yang paling dominan dalam mempengaruhi cara belajar siswa lebih bermakna dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. 
     Salah satu upaya tersebut dengan menggabungkan pendekatan pemecahan masalah (technological approach), dan pendekatan ilmiah (scientific approach). Pembelajaran kooperatif Student facilitator and explaining merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. 
       Metode student facilitator and explaining merupakan suatu metode dimana siswa mempresentasikan ide atau pendapat pada siswa lainnya. Langkah-langkah pembelajaran dengan metode student facilitator and explaining yaitu guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, guru menyajikan materi, memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya baik melalui bagan atau peta konsep maupun yang lainnya, guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa, guru menjelaskan semua materi yang disajikan pada saat itu dan penutup.“Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan model pembelajaran dimana siswa atau peserta didik belajar mempresentasikan ide atau pendapat pada rekan peserta didik lainnya. Model pembelajaran ini sangat efektif untuk mengaktifkan kreatifitas siswa lewat bertukar pendapat satu dengan yang lain.”  Model ini memberikan kemampuan untuk mendiskusikan hal hal yang mampu meresponi pikiran siswa untuk mengembangkan materi yang dipelajari melalui berpikir positip dan berpikir kritis sehingga sikap ilmiah siswa secara terpadu mampu diperlihatkan di ruang kelas.
        Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan pada guru bidang studi Biologi yang mengajar di kelas X SMA Negeri I Masohi peneliti mendapat informasi bahwa prestasi belajar siswa kelas X masih rendah, hal ini didasarkan pada hasil ulangan harian dengan total nilai rata-rata kelas X menunjukkan nilai yang masih rendah yakni sebesar 53.94 Peneliti juga mendapatkan informasi bahwa minat belajar siswa masih relative rendah, pada saat proses belajar mengajar siswa tampak bosan dan sering tidak memperhatikan guru
       Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “ Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Virus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Masohi
Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining adalah :
1.Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.Memberikan kesempatan peserta didik untuk menjelaskan kepada peserta didik lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep.
4.Guru menyimpulkan ide/pendapat dari peserta didik.
5.Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.
6.Penutup
info selengkapnya dapat menghubungi penulis.


24 komentar:

  1. contoh rpp biologi dengan model pemnbelajaran student fasilitator and explainingnya dipostingkan donk pak

    BalasHapus
  2. @Anonim..kirim E-Mail anda ke saya alfredaped60@yahoo.com, saya akan mengirimkan paket Student Fasilitator and Explaining beserta contoh Rpp dan Hasil belajar.OK terima kasih..semoga sukses

    BalasHapus
  3. ada buku rfrensi nya gakk ttg model pmbelajaran student facilitator and explaing..help me donkkk?? kelo da kabari yaa ,, chaesar.daffa@gmail.com

    BalasHapus
  4. boleh saya mnta contoh rpp.nya juga,..penting bgt pak,.. :)
    rany_andromeda@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok..saya akan kirimkan Contoh RPPnya terima kasih..semoga selalu sukses dalam kegiatan belajarnya..thanks

      Hapus
    2. pak saya boleh minta referensi bukunya gak.? soalnya mau buat kary ilmiah nie pak..hee

      a.sujuni@gmail.com

      Hapus
    3. pak boleh minta referensi bukunya gak,? saya mau buat karya ilmiah.

      Hapus
  5. boleh minta contoh rpp nya juga pak?
    terimakasih
    ayoe.wirad@yahoo.com

    BalasHapus
  6. Pak,,boleh minta dikirimkan ke email saya gak? Ada referensi buku ttg metode ini?
    salam.akhmad55@gmail.com

    BalasHapus
  7. Semua permintaan telah saya balas,semoga membangun

    BalasHapus
  8. pak, boleh minta referensi bukutentang metode student facilitator and explaining? terimakasih
    fadilahnur309@yahoo.com

    BalasHapus
  9. pak, boleh minta referensi buku untuk metode student facilitator and explaining? terimakasih
    fadilhnur309@yahoo.com

    BalasHapus
  10. pak, boleh minta referensi bukunya.? lagi nyusun proposal..
    kirim ke email saja prisnasari@yahoo.co.id
    thanks

    BalasHapus
  11. pak, minta referensi bukunya? lagi nyusun proposal..
    krim ke email saja balasannya prisnasari@yahoo.co.id
    thanks

    BalasHapus
  12. @fadhila nu dan prisnasari,,tidak ada sumber buku khusus mengenau SFAE hanya gabungan beberapa pustaka tentang student fasilitator,ada cuman dalm buku berbahasa inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bukudul bukunya apa ya pak???

      Hapus
  13. @Subeno arif......Tidak ada buku khusus mengenai SFAE hanya gabungan beberapa pustaka tentang pembelajaran Student facilitator dan juga pustaka terbitan buku2 USA..oke...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak saya minta tolong dikirim rppnya juga kalo boleh pak. ini email saya jhellyamieprakoso@yahoo.com
      trmksh sblmnya

      Hapus
  14. pak mau nanya
    apa perbedaan model pmbljrn sfae dengan model pmbljrn tradisional
    tlong dibalas ke email ini ya pak
    dewirawani@gmail.com trmakasih

    BalasHapus
  15. pak, boleh minta referensi buku untuk metode student facilitator and explaining? lagi nyusun proposal.. tolong dibalas ke email ini ya pak anthy.rhewa@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. @anti,,soryy..saya baru bisa balas permintaan anda, sudah sangat terlambat nih

      Hapus
  16. Pak klo bsa kirim ke email saya yah... Karna mau buat skripsi klo bsa skaligus rpp nya pak samuel.batubara@gmail.com

    BalasHapus
  17. Maaf pak, boleh minta referensi buku untuk metode student facilitator and explaining? lagi nyusun proposal.. tolong dibalas ke email ini ya pak
    dewimeidelia23@gmail.com

    BalasHapus

LATIHAN SOAL TAHAP 4 BIOLOGI UNBK 2020

PETUNJUK : 1. PILIHLAH OPTION YANG ANDA ANGGAP BENAR                        2. SELESAIKANLAH ESSAY DENGAN BAIK                  ...