Selasa, 02 November 2010

Penerapan Sistim Pembelajaran Bermakna

Pembelajaran bermakna (meaningfull learning) merupakan suatu proses dikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Pembelajaran bermakna sebagai hasil dari peristiwa mengajar ditandai oleh terjadinya hubungan antara aspek-aspek, konsep-konsep, informasi atau situasi baru dengan komponen-komponen yang relevan di dalam struktur kognitif siswa. Proses belajar tidak sekadar menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka, tetapi merupakan kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh, sehingga konsep yang dipelajari akan dipahami secara baik dan tidak mudah dilupakan. Dengan demikian, agar terjadi belajar bermakna maka guru harus selalu berusaha mengetahui dan menggali konsep-konsep yang telah dimiliki peserta didik dan membantu memadukannya secara harmonis konsep-konsep tersebut dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan. Dengan kata lain, belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan mengaktifkan lebih banyak indera daripada hanya mendengarkan orang/guru menjelaskan. Pada pembelajaran Biologi, pembelajaran bermakna paling mudah diterapkan dengan mengedepankan aspek aspek seperti menyentuh/ meraba hal hal yang langsung berkaitan di alam. Mengaktifkan indra merupakan tujuan utama untuk menilai dengan tepat bagaimanakah proses pembelajaran tersebut dijalankan.Untuk itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul Penerapan sistim pembelajaran bermakna pada pembelajaran biologi kelas X SMA Negeri I Masohi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LATIHAN SOAL TAHAP 4 BIOLOGI UNBK 2020

PETUNJUK : 1. PILIHLAH OPTION YANG ANDA ANGGAP BENAR                        2. SELESAIKANLAH ESSAY DENGAN BAIK                  ...